Rencana Pembelajaran
Bidang Kurikulum : Fisika Tingkat : SMP VIII.1&2 Topik : hukum Archimedes Tanggal : 3 November 2009
DIAGNOSA Pengetahuan dan sikap murid | ü Siswa sudah memahami prinsip tekanan zat cair dan zat padat. ü Siswa telah memahami prinsip hukum pascal dan penggunaan dalam kehidupan sehari-hari. ü Siswa belum memahami tentang prinsip hokum pascal dan penerapannya. ü Siswa sikap siswa tertarik dengan pelajaran ini. |
TUJUAN PEMBELAJARAN Pembelajaran Perilaku | ü Siswa memahami prinsip hukum Archimedes dengan menggunakan alat peraga dan percobaan. ü Siswa dapat mengetahui dan menerapkan prinsip hokum Archimedes dalam kehidupan sehari-hari. ü Sikap siswa diharapkan tertarik dengan pelajaran ini. |
Aktifitas | Prosedur | Materi | Waktu |
PENDAHULUAN Mendapat perhatian Tujuan pelajaran Transfer (kaitan dengan pengetahuan) Motivasi untuk belajar Cek pemahaman | v Menanyakan kabar kepada murid-murid, Selamat pagi atau selamat Siang? v Membaca Alkitab dan menerangkan. v Cek pemahaman siswa dengan memberi pertanyaan mengapa kita bisa mengambang di air dan mengapa perahu tidak tenggelam. v Memotivasi mereka dengan menceritakan profil Archimedes. v Siswa diharapkan tertarik dengan pelajaran ini. | Spidol, buku paket kelas VIII, papan tulis | 10 menit |
PRESENTASI Jelaskan informasi Tunjuakan Gunakan contoh konkrit (&non) Cek pemahamman | Hukum Archimedes ð Membuat bagan tentang pelajaran ini. ð Menjelaskan mengapa kita saat berada di dalam kolam yang berisi air seperti ada gaya dorong keatas. ð Melakukan percobaan “ mengukur berat benda di dalam air dan di udara. ð Menjelaskan persamaan yang didapat oleh archimedes. FA = Wu – Wa FA = gaya apung atau gaya keatas (N) Wu = gaya berat benda diudara (N) Wa = gaya berat benda di dalam air (N) ð Menjelaskan tentang gaya apung ð Melakukan percobaan telur ð Jika waktu sempat menerangkan tentang teknologi yang memanfaatkan prinsip hukum archimedes. | Percobaan, ceramah,tanya jawab spidol, papan tulis, buku paket kelas VIII, telur, mistar, wadah, air, gunting, mistar, garam | 30 menit |
LATIHAN TERBIMBING Dikaitkan dengan dengan pembelajaran Perilaku nyaita (mis,. Aktif) Cek pemahaman | Guru meminta siswa untuk melakukan percobaan tentang kedudukan telur.. Guru mengecek pemahaman siswa tentang hukum Archimedes. | Ceramah, spidol, papan tulis, buku paket kelas VIII, | 30 menit |
PENUTUP Pernyataan pembelajaran dari murid Pengetahuan hasil dari Guru Cek pemahaman lagi | Cek pemahaman siswa kembali. Guru menyimpulkan apa yang sudah dipelajari tadi. | Presentasi | 10’ |
LATIHAN SENDIRI Tujuan Kesiapan Jenis dan tingkatan Waktu dan umpan balik | 2 hari |
EVALUASi GURU (gunakan balik halaman) | Siswa dapat mengerti akan hal yang dijelaskan oleh guru dalam kelas. |
Mahasiswa guru (gunakan balik halaman) |
Materi dan lembar kerja
Kegiatan
Tujuan : memahami kondisi benda yang terapung melayanng dan tenggelam di dalam air
Alat dan bahan : 1 wadah atau botol minum Garam dapur secukupnya
1 butir telur Air secukupnya
1 gunting 1 buah mista
Cara kerja :
1. Siapkan alat dan bahan
2. Isilah wadah dengan air sampai penuh ( usahakan jangan sampai penuh sehingga saat memasukkan telur air tidak tumpah).
3. masukkan telur kedalam wadah berisi air dan amatilah apa yang terjadi.
4. masukkan sedikit demi sedit garam dapur kedalam wadah sambil amati telur. Hentikan memasukkan telur jika sudah terjadi perubahan kedudukan telur. Catatlah kedalaman telur menggunakan mistar.
5. teruskan pemberian garam sampai kedudukan telur berubah kembali.
Pertanyaan dan tabel :
Telur | Kedudukan pertama ( cm) | Kedudukan kedua (cm) | Kedudukan ketiga (cm) |
- Setelah kamu amati percobaan diatas, ada berapa keadaankah telur tersebut? Sebutkan!
- Mengapa hal tersebut bisa terjadi ? jelaskan setiap keadaan!
- Dari percobaan yang kalian lakukan apa yang dapat kalian simpulkan?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar